Kamis, 08 Oktober 2015

PESONA RAUDHAH TAMAN SURGA DI MASJID NABAWI

PESONA RAUDHAH TAMAN SURGA DI MASJID NABAWI



Dalam sebuah hadits shahih yang bersumber dari Abu Hurairah Radhiyallahu ’Anhu, bahwa Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah bersabda:

ﻣَﺎ ﺑَﻴْﻦَ ﺑَﻴْﺘِﻰ ﻭَﻣِﻨْﺒَﺮِﻯ ﺭَﻭْﺿَﺔٌ ﻣِﻦْﺭِﻳَﺎﺽِ ﺍﻟْﺠَﻨَّﺔ

Artinya : “Area diantara rumahku dan mimbarku adalah taman dari taman-taman surga”. (H.R. Bukhari-Muslim).
Arti rumahku dalam hadits tersebut adalah rumah semasa hidup Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersama isterinya ‘Aisyah Radhiyallahu ‘Anha, yang kemudian menjadi kuburan Nabi bersama kedua sahabat utamanya sekaligus mertuanya, Abu Bakar Ash-Shiddiq dan Umar bin Khattab Radhiyallahu ‘Anhuma.
Para ulama ahli hadits menjelaskan makna ‘taman surga’ dalam hadits tersebut adalah bahwa arena itu memang menyerupai taman surga dalam mendatangkan kebahagiaan serta ketenangan bagi orang yang duduk di dalamnya.
Makna lainnya, bahwa ibadah di tempat tersebut menjadi sebab masuk surga. Penjelasan lainnya,  bahwa tempat itu sendiri kelak di akhirat nanti akan menjadi salah satu taman di antara taman-taman surga.
Menurut al-Qadhi Iyadh,  ungkapan salah satu taman surga, mengandung makna, bahwa di tempat itu menyebabkan masuk surga dan bahwa doa serta shalat di dalamnya layak mendapatkan balasan surga.
Ibnu Abdul Barr menjelaskan, maknanya adalah bahwa tempat itu akan diangkat pada hari kiamat sehingga menjadi taman di surga.
Namun yang jelas, berdasarkan sabda Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam itulah, kaum muslimin dari berbagai penjuru dunia berkunjung dan beribadah ke Masjid Nabawi serta berziarah ke makam Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam, dan tidak lupa menyiapkan diri untuk dapat menginjakkan kaki, shalat dan berdoa di Raudhah, taman surga di Masjid Nabawi.

About the Author

Yamin hazman

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

Posting Komentar

Popular Posts

 
Berbagi Itu Indah © 2015 - Blogger Templates Designed by Templateism.com